Agustus 18, 2010

TASYAKURAN MENYAMBUT HUT RI KE- 65

Hampir semua daerah atau kota lainnya menjelang satu hari menyambut HUT RI KE-65 selalu mengadakan syukuran pada malam harinya. Tak terkecuali di daerah tempat Saya tinggal, dan hampir setiap tahun diadakan acara syukuran. Masing-masing daerah atau kota pun mempunyai cara dan budaya sendiri-sendiri dalam menyambut Kemerdekaan Negara kita.



MERDEKA.....! MERDEKA......!MERDEKA.........!!!
Itulah pembukaan dalam acara tasyakuran didaerah Saya tinggal...

Berhubung bulan ini bulan Ramadhan acara syukuran diadakan setelah sholat tarawih. Di daerah Saya tinggal acara dimulai pukul 21.00 WIB dan dihadiri oleh sebagian warga karena tidak semua hadir dalam acara tersebut. Dan kebetulan Pak RT pun berhalangan hadir karena berhalangan. Meskipun tidak seluruh warga yang hadir namun tidak mengurangi kekusyukan dalam acara tersebut. Makanan atau jajan yang dihidangkan hampir semua hasil bumi. Dan semua makanan tersebut diolah atau di masak secara gotong royong oleh warga setempat.

Yang sangat berkesan sekali saat Saya mengikuti acara tasyakuran tersebut adalah waktu seluruh warga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Mungkin ini yang sangat jarang atau langka dalam acara tasyakuran menyambut HUT RI tahun ini. Mengapa Aku bilang langka...? karena di daerah tetangga atau tempat lain tidak sama dengan daerah Saya. Maaf ya, bukan berarti Saya membedakan daerah lain, tapi tujuan dan maknanyapun sama. Oh ya....ini syair lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dan hanya sekedar mengingatkan saja. Mari bernyanyi bersama.

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya


Setelah semua menyanyikan lagu Indonesia Raya, kita semuapun mengheningkan cipta. Setelah semua acara selesai ditutup dengan pembacaan Doa, terus makan-makan dech sambil ramah tamah.

DENGAN SEMANGAT GOTONG-ROYONG MARI KITA MENUJU INDONESIA YANG LEBIH MAJU. MERDEKA....! MERDEKA....!MERDEKA....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar